Sabtu, 25 Juni 2016

Analisa Penjualan Secara Tunai pada PT. Gramedia Asri Media Botani Square Bogor (TERKOMPUTERISAS)

ANALISA SISTEM PENJUALAN SECARA TUNAI PADA PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA
BOTANI SQUARE BOGOR



LAPORAN RISET
Diajukan untuk memenuhi mata kuliah APSI pada program diploma Tiga (D.III)
Kelas : 12. 4H. 13
Kelompok 7

Hilman Hamidi              :12145894
Panji irawan                   :12144266
Ramdoni                        :12144069
Mia zatmiati                   :12143936
Lia Agustina                  :12142833

Program Studi Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer
“BSI Bogor”
2016



PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN LAPORAN RISET

Laporan riset ini telah disetujui dan disahkan serta diijinkan untuk dinilai pada periode : Tahun Akademik 2016/2017 di semester 4 (empat)





















DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK
Kelas 12.4H.13




Nur Hidayati



PENILAI LAPORAN RISET
Laporan riset ini telah dinilai pada tanggal..................................................


PENILAI

(............................................)
Saran-saran dari penilai :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas terselesaikannya laporan riset ini dengan judul : “Analisa sistem penjualan secara tunai pada PT.GRAMEDIA ASRI MEDIA Botani Square Bogor”, yang merupakan salah satu syarat kelulusan mata kuliah APSI Program Studi Manajemen Informatika Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika.
Selama melakukan riset ini dan dalam menyelesaikan laporan ini, penulis telah banyak menerima bimbingan, pengarahan, petunjuk dan saran, serta fasilitas yang membantu hingga akhir dari penulisan laporan ini. Untuk itu penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat:
1.                     Direktur Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika.
2.                     Ketua Program Studi Manajemen Informatika Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika.
3.                     Ibu Nur Hidayati selaku dosen penasehat Akademik yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyelesaian laporan ini.
4.                     Bapak Iwan Hermawan, selaku Store Manager PT. Gramedia Asri Media Botani Square  Bogor.
5.                     Bapak Edi pramono, selaku Sales Superintendent PT. Gramedia Asri Media Botani Square Bogor.
6.                     Karyawan/karyawati PT. Gramedia Asri Media Botani Square Bogor
7.                     Serta rekan-rekan yang ikut memberikan bantuannya dalam pembuatan kuliah kerja praktek khususnya kelas 12.4H.13.
Akhirnya penulis beraharap semoga laporan riset ini bermanfaat bagi semua pihak yang membantu, meskipun dalam laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun tetap penulis harapkan.


Bogor,   Juni 2016


                            Penulis




DAFTAR ISI


Lembar Judul........................................................................................................... i
Persetujuan dan Pengesahan Laporan Riset............................................................ ii
Penilai Laporan Riset...............................................................................................iii
Kata Pengantar........................................................................................................ iv
Daftar Isi..................................................................................................................vi
Daftar Simbol.......................................................................................................... viii
Daftar Gambar......................................................................................................... ix
Daftar Tabel............................................................................................................. x
Daftar Lampiran...................................................................................................... xi
BAB I        PENDAHULUAN
1.1.        Latar Belakang........................................................................... 1
1.2.        Maksud dan Tujuan.................................................................... 2
1.3.        Metode Penelitian....................................................................... 2
1.4.        Ruang Lingkup........................................................................... 3
1.5.        Sistematika Penulisan................................................................. 4
BAB II       LANDASAN TEORI
2.1.        Konsep Dasar Sistem.................................................................. 6
2.1.1.           Pengertian Sistem.......................................................... 6
2.1.2.           Karakteristik Sistem...................................................... 7
2.1.3.           Klasifikasi Sistem.......................................................... 9
2.1.4.           Pengertian Informasi..................................................... 10
2.1.5.           Pengertian Sistem Informasi......................................... 12
2.2.       Peralatan Pendukung (Tools System)........................................... 14
2.2.1.           Data Alir Diagram (DAD)............................................ 14
2.2.2.           Kamus Data (Data Dictionary)..................................... 17
BAB III     ANALISA SISTEM BERJALAN
3.1.        Umum......................................................................................... 22
3.2.        Tinjauan Perusahaan................................................................... 22
3.2.1.           Sejarah Perusahaan........................................................ 23
3.2.2.           Struktur Organisasi dan Fungsinya............................... 24
3.3.        Prosedur Sistem Berjalan............................................................ 28
3.4.        Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan................................ 30
3.5.        Kamus Data Sistem Berjalan...................................................... 32
         3.5.1.     Kamus Data Dokumen Masukan (Input)....................... 32
         3.5.2.     Kamus Data Dokumen Keluaran (Output).................... 33
3.6.        Spesifikasi Sistem Berjalan......................................................... 36
3.6.1.           Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan........................ 36
3.6.2.           Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran........................ 37
3.6.3.           Spesifikasi File.............................................................. 39
3.6.4.           Struktur Kode............................................................... 41
3.6.5.           Spesifikasi Program....................................................... 43
3.7.       Spesifikasi Sistem komputer........................................................ 51
3.7.1.           Perangkat Lunak (Software).......................................... 51
3.7.2.           Perangkat Keras (Hardware)........................................ 52
3.8.       Permasalahan Pokok.................................................................... 53
3.9.       Alternatif Pemecahan Masalah.................................................... 53
BAB IV     PENUTUP
4.1.       Kesimpulan.................................................................................. 54
4.2.       Saran............................................................................................ 54
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 56
DAFTAR RIWAYAT HIDUP............................................................................... 57
LAMPIRAN............................................................................................................ 59




DAFTAR SIMBOL

A.   Simbol Diagram Alir Data atau Data Flow Diagram
                  Kesatuan luar(external entity)
                     Digunakan untuk menggambarkan suatu sumber atau tujuan pada arus data.


           
            Arus Data (Data Flow)
           
            Digunakan untuk menggambarkan suatu arus data.

           
 
            Proses(process)
           
                Digunakan untuk menggambarkan suatu proses.


            Simpanan data (data store)
            
            Digunakan untuk menggambarkan suatu tempat untuk menyimpan atau mengambil data.



DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                     Halaman

1.        Gambar III.1. Struktur Organisasi..................................................................... 25
2.        Gambar III.2. Diagram Konteks Sistem Berjalan............................................. 31
3.        Gambar III.3. Diagram Nol Sistem Berjalan.................................................... 31
4.        Gambar III.4. Diagram Detail Sistem Berjalan................................................ 32
5.        Gambar III.5. Diagram HIPO........................................................................... 44



DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                         Halaman

1.        Tabel II.1 Notasi Tipe Data dalam Kamus Data.............................................. 20
2.        Tabel II.2 Notasi Struktur Data dalam Kamus Data........................................ 21




DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                  Halaman

1.        Lampiran A1. Oracle........................................................................................ 59
2.        Lampiran A2. SOA (Store Operational Application)....................................... 59
3.        Lampiran A3. Daily Cash Revenue.................................................................. 60
4.        Lampiran A4. Daily Report Revenue................................................................ 61
5.        Lampiran A5. Other Income............................................................................. 62
6.        Lampiran A6. Float Amount............................................................................. 62
7.        Lampiran A7. Bank Deposit Report.................................................................. 63
8.        Lampiran A8. Graphic Hourly Report.............................................................. 63
9.        Lampiran A9. Barcode...................................................................................... 64
10.    Lampiran A10. Struk Pembelian....................................................................... 64
11.    Lampiran A11. Foto Hasil Wawancara Gramedia Botani Square Bogor.......... 65


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.            Latar Belakang
Di masa yang serba cepat ini, penggunaan komputer dan sistem-sistemnya sudah menjadi kebutuhan yang utama dalam rangka meningkatkan kinerja suatu Perusahaan. Setiap proses manual dari perusahaan dapat digantikan oleh komputer karena penyediaan informasi yang lebih canggih serta dapat mendukung proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen.
Namun pada kenyataannya masih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem yang belum terkomputerisasi dengan baik. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya pengetahuan pegawai mengenal hubungan manajemen perusahaannya dengan sistem komputer. Dengan menggunakan komputer, perusahaan dapat melakukan proses penyimpanan data dengan mudah dan cepat, karena tingkat kecepatan dan penyimpanan data pada komputer lebih aman dan rapi, sehingga mudah menemukan kembali data yang diinginkan.
Untuk itu kami mencoba membahas ruang lingkup yang kecil dalam sistem penjualan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mengambil judul :
“Analisa Sistem Penjualan Secara Tunai PT. Gramedia Asri Media Botani Square Bogor”.


1.2.      Maksud dan Tujuan
Adapun maksud penulisan laporan mengenai riset ini adalah :
1.                  mempelajari dan menganalisa kekurangan sistem pembayaran secara tunai pada PT. Gramedia Asri Media
2.                  Menerapkan dan mempraktekan ilmu pengetahuan yang telah di dapat dalam perkuliahan.
3.                  Membentuk pola pikir mahasiswa untuk menjadi pribadi yang memiliki wawasan pengetahuan.
4.                  Melakukan penelitian mengenai suatu masalah di bawah bimbingan yang cermat dari dosen pembimbing, untuk menghasilkan pengetahuan baru dari penelaahan yang original.
5.                  Lebih meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada perusahaan.
Sedangkan  tujuan  dalam  penulisan  laporan  mengenai riset ini adalah untuk memenuhi persyaratan mata kuliah  APSI pada semester IV (empat) Program Studi Manajemen Informatika Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika.

1.3.      Metode Penelitian
Metode penelitian merupakan langkah penting dalam penyusunan laporan mengenai riset ini khususnya bagi perancangan sistem. Didalam kegiatan penelitian penulis melakukan pengumpulan data melalui cara :


1.                  Wawancara (Interview)
Dalam  penulisan laporan  mengenai riset ini, untuk mendapatkan informasi secara lengkap maka penulis melakukan  suatu metode tanya jawab dengan Bapak Edi Pramono selaku Sales Superintendent PT. Gramedia Asri Media Botani Square,  mengenai semua kegiatan yang berhubungan dengan sistem penjualan secara tunai dengan karyawan/ karyawati di PT. Gramedia Asri Media.
2.         Pengamatan (Observation)
Penulis melakukan pengamatan-pengamatan langsung terhadap kegiatan yang berhubungan dengan masalah yang diambil. Hasil dari pengamatan tersebut langsung dicatat oleh penulis dan dari kegiatan observasi dapat diketahui kesalahan atau proses dan kegiatan tersebut.
3.         Studi Pustaka
Selain melakukan kegiatan diatas penulis juga melakukan studi kepustakaan melalui literatur-literatur atau referensi-referensi yang ada di perpustakaan Akademi Manajemen Informatika Bina Sarana Informatika maupun diperpustakaan lainnya.

1.4.      Ruang Lingkup
Didalam  penulisan  laporan mengenai riset ini, penulis membahas tentang analisa sistem penjualan secara tunai  pada PT. Gramedia Asri Media. Mengingat  pembahasan didalam sistem penjualan secara tunai ini cukup luas dan agar laporan mengenai riset ini mencapai sasaran. Maka, ruang lingkup pembahasan meliputi prosedur pemesanan buku, pembayaran dan pembuatan laporan.

1.5.            Sistematika Penulisan
Untuk mengetahui secara ringkas permasalahan dalam penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, maka digunakan sistematika penulisan yang bertujuan untuk mempermudah pembaca menelusuri dan memahami laporan kuliah kerja praktek ini.

BAB I             PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang secara umum, maksud dan tujuan, ruang lingkup yang membatasi permasalahan, metode penelitian, serta sistematika penulisan secara keseluruhan.
BAB II            LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis menjelaskan tentang konsep dasar sistem dan peralatan pendukung (tools system).
BAB III          ANALISA SISTEM BERJALAN
Pada bab ini penulis membahas mengenai hal yang bersifat umum,tujuan perusahaan dengan menguraikan sejarah perusahaan, struktur organisasi dan prosedur sistem berjalan, Diagram Alir Data (DAD) sistem berjalan, kamus data sistem berjalan yang memiliki sub antara lain berisi spesifikasi bentuk dalam keluaran, bab ini juga menguraikan tentang permasalahan dan alternatif pemecahan masalah.
BAB IV          PENUTUP
Pada bab ini penulis menjelaskan mengenai kesimpulan serta saran yang berhasil ditarik dari seluruh pembuatan laporan mengenai riset ini, yang mungkin bermanfaat bagi PT. Gramedia Asri Media Botani Square Bogor dalam memutuskan kebijakan-kebijakan yang akan datang.


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1.      Konsep Dasar Sistem
Dalam era globalisasi dan semakin meningkatnya sistem informasi perkembangan teknologi dan semakin jauhnya spesialisasi dalam perusahaan serta semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang menjadi besar, sehingga hampir semua perusahaan sudah dan mungkin wajib menggunakan sistem, baik sistem yang sifatnya manual maupun yang sifatnya sudah terkomputerisasi. Dengan demikian tidak heran kalau sistem itu sendiri banyak dipelajari dan dianalisa. Sistem secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu totalitas himpunan bagian-bagian yang satu sama lain saling berhubungan sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan yang terpadu untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem merupakan bagian terpenting dalam perkembangan ilmu pengetahuan sehingga banyak para ahli mengalihkan perhatian kepada pembelajaran mengenai sistem.

2.1.1.   Pengertian Sistem
Sistem menurut Kendall (2010 : 3) menyimpulkan bahwa “Sistem informasi yang sudah terkomputerisasi yang berkerja karna adanya interaksi antara manusia dan komputer. Dengan bantuan manusia, perangkat lunak (program komputer), dan perangkat keras (komputer, printer dan lain-lain), agar berfungsi dengan baik”.
            Sistem menurut Tata Sutabri (2012 : 2) menyimpulkan bahwa “Sistem adalah sekelompok unsur yang erat hubungannya satu sama lain, yang berfungsi bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyeleasaikan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu”
Sedangkan menurut Romney (2006 : 2) dalam bukunya Sistem Informasi Manajemen “sistem  adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan”.
Sedangkan menurut Whitten (2006 : 23) dalam bukunya Metode Desain dan Analisis Sistem mengungkapkan bahwa “informasi adalah data yang telah diproses atau di organisasi ulang menjadi bentuk yang berarti.Informasi yang dibentuk dari kombinasi data yang diharapkan memiliki arti kepenerima”.
Sistem juga dijelaskan oleh Winarno (2006 : 1.5) dalam bukunya Sistem Informasi Manajemen, yaitu “sekumpulan komponen yang saling bekerja sama untuk  mencapai satu tujuan, masing-masing komponen memiliki fungsi berbeda dengan yang lain,tetapi tetap dapat bekerja sama”.
Dari beberapa pengertian diatas dapat dijelaskan mengenai karakteristik sistem sebagai berikut :

2.1.2.   Karakteristik Sistem

Menurut Ladjamudin (2008:10) ”memahami dan mengembangkan suatu sistem, maka kita harus dapat membedakan sistem berdasarkan unsur-unsur yang membedakannya”. Unsur-unsur itu adalah karakteristik sistem. Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, sebagai berikut :
1)                  Komponen Sistem (Component)
Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu sub sistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sub sistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
2)                  Batas Sistem (Boundary)
Batas sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
3)                  Lingkungan Luar Sistem (Environment)
Lingkungan luar (environment) dari suatu sistem apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
4)                  Penghubung Sistem (Interface)
Penghubung (interface) merupakan media penghubung antara satu sub sistem dengan sub sistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumbersumber daya mengalir dari satu sub sistem ke sub sistem yang lainnya.
5)                  Masukan Sistem (Input)
Masukan (input) adalah energi yang dimasukan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) yaitu energi yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroperasi dan masukan sinyal (signal input) energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.
6)                  Keluaran Sistem (Output)
Keluaran (output) adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk sub sistem yang lain atau kepada supra sistem.
7)                  Pengolahan Sistem
Pengolah sistem adalah bagian yang bertugas mengolah atau mengubah masukan menjadi keluaran.
8)                  Sasaran Sistem
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem dan dikatakan berhasil jika mengenai sasaran dan tujuannya.

2.1.3.   Klasifikasi Sistem
Menurut Sutabri (2012 : 15) menyimpulkan bahwa “Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karna sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi didalam sistem tersebut”. Oleh karna itu sistem dapat dikasifikasikan dari bebrapa sudut pandangan, seperti contoh sistem yang bersifat abstrak, sistem alamiah, sistem yang bersifat deterministic dan probabilistic serta sistem yang bersifat terbuka dan tertutup.
Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya adalah  :

1.                  Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
Sistem Abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak nampak secara fisik, sedangkan Sistem Fisik merupakan sistem yang ada secara fisik.
2.                  Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
Sistem Alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia, sedangkan Sistem Buatan Manusia merupakan sistem yang dirancang oleh manusia.
3.                  Sistem Deterministic dan Sistem Probabilistic
Sistem Determnistic adalah sistem yang tingkah lakunya dapat diprediksi. Sedangkan Sistem Probabilistic merupakan sistem yang tingkah lakunya belum diprediksi karena mengandung Probabilistic.
4.                  Sistem Terbuka dan Tertutup
Sistem Terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Sedangkan Sistem Tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan luarnya.

2.1.4.   Pengertian Informasi
            Menurut Darmawan (2013 : 2) “Informasi adalah hasil dari pengolahan data, akan tetapi tidak semua hasil dari pengolahan tersebut bisa menjadi informasi, hasil dari pengolahan data yang tidak memberikan makna atau arti serta tidak bermanfaat bagi seseorang bukanlah merupakan informasi bagi orang tersebut”. Menurut Leod dalam Darmawan mengatakan suatu informasi yang berkualitas harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.                  Akurat
Informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Pengujian terhadap hal ini biasanya dilakukan melalui pengujian tersebut menghasilkan hasil yang sama maka data tersebut dianggap akurat.
2.                  Tepat Waktu
Informasi itu harus tersedia atau ada pada informasi tersebut diperlukan, tidak besok atau tidak beberapa jam lagi.
3.                  Relevan
Informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Kalau kebutuhan informasi ini suatu organisasi maka informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi diberbagai tingkatan atau bagian yang ada dalam organisasi tersebut.
4.                  Lengkap
Informasi harus diberikan secara lengkap. Misalnya informasi tentang penjualan yang tidak ada fakturnya.
5.                  Sumber
Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Informasi diperoleh setelah data-data mentah diproses atau diolah.
  
2.1.5.   Pengertian Sistem Informasi
            Sekumpulan data/ fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima, maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data Informasi dapat juga di katakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.
            Contoh informasi dokumen dalam Microsoft Excel, berbentuk spreadsheet seringkali digunakan untuk membuat sebuah informasi dari data yang terdapat di dalamnya, seperti laporan untung, rugi dan neraca adalah bentuk informasi dan angka yang terdapat di dalamnya adalah data.
            Menurut Sutabri (2012 : 38) menyimpulkan bahwa “Suatu sistem informasi adalah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan laporan-laporan yang diperlukan oleh pihak luar tertentu. “Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan istilah blok bangunan (building block), yang terdiri dari blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data dan blok kendali. Sebagai suatu sistem, keenam blok tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasaran.
            Komponen-komponen sistem informasi yang dimaksud diantaranya yaitu:
1.                  Blok Masukan (Input Block)
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Yang dimaksud dengan input di sini termaksud metode dan media untuk menangkap data yang
akan dimasukan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
2.                  Blok Model (Model Block)
            Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan dibasis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3.                  Blok Keluaran (Output Block)
Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4.                  Blok Teknologi (Technology Block)
Teknologi merupakan “kotak alat” (tool-box) dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima masukan, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirim keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5.                  Blok Basis Data (Database Block)
Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak memanipulasinya.
6.                  Blok Kendali (Control Block)
Banyak hal dapat merusak sistem informasi, seperti misalnya bencana alam, api, temperature, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, kesalahan-kesalahan ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. dihubungkan dengan ruang lingkup yang lebih luas, sementara sasaran memiliki ruang lingkup yang lebih sempit.

2.2.      Peralatan Pendukung (Tools System)
Menurut Sutabri (2012 : 115) menyimpulkan bahwa “Sistem analis dapat mendesain model dari sistem informasi yang diusulkan dalam bentuk logical model. Media tools system merupakan alat yang dapat digunakan untuk menggambarkan bentuk logical model dari suatu sistem, dimana simbol-simbol, lambang-lambang dan diagram-diagram menunjukan secara tepat arti fisiknya”. Adapun tools system yang dimaksud untuk merancang model sistem yang baru, contohnya seperti :  Diagram Alir Data (DAD), Kamus Data (KD).
Adapun peralatan pendukung yang dimaksud untuk merancang model sistem yang baru pada penulisan tugas akhir ini adalah :

2.2.1.   Diagram Alir Data (DAD)
Diagram Alir Data Menurut Kendall (2010 : 263) adalah “Proses-proses serta aliran data dalam suatu sistem bisnis. Menggambarkan pandangan sejauh mungkin mengenai masukan, proses dan keluaran sistem yang berhubungan dengan masukan proses dan keluaran”.
1.                  Konsep Dasar Diagram Alir Data (DAD)
Diagaram  Alir Data merupakan  alat  yang dapat menggambarkan arus data didalam  sistem dengan terstruktur dan jelas, lebih lanjut tentang diagram yang biasa juga disebut Data Flow Diagram juga merupakan dokumentasi dari sistem yang baik.
2.                  Simbol-Simbol Dalam DAD
Simbol-simbol yang digunakan pada diagram alir data adalah sebagai berikut:
a.                   Lingkaran Luar (External Entity)
Adalah simbol yang berbentuk kotak rangkap yang digunakan untuk menggambarkan External Entity, yang dapat mengirim data atau menerima data dari sistem. dapat berupa orang atau organisasi atau sistem lainnya yang memberikan input atau output dari sistem.
b.                  Proses (Process)
Adalah simbol yang berbentuk bujur sangkar sudut membulat yang digunakan untuk memproses pengolahan data atau transportasi data yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses.
c.                   Alir Data (Data Flow)
Adalah simbol yang berbentuk anak panah yang digunakan untuk arah dari proses sistem. Data flow ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data atau informasi dari suatu bagian ke bagian lainnya. Data flow ini mengalir diantara proses (process), simpanan data (data store) dan kesatuan luar (external entity). Selain menunjukkan arah alir data, data flow ini perlu diberikan nama sesuai dengan data atau informasi yang dimaksud.
d.                  Simpanan Data (Data Store)
Adalah simbol yang berbentuk persegi panjang tidak sempurna, yang digunakan untuk pengarsipan atau penyimpanan data. Data Store ini biasanya berkaitan dengan penyimpanan serta komputerisasi, contohnya pita magnetic, file disket, dan file harddisk. Data Store ini juga berkaitan dengan penyimpanan folder.
3.                  Aturan Main DAD
Bentuk rambu-rambu atau aturan main yang baku dan berlaku dalam penggunaan data flow diagram untuk membuat model sistem adalah sebagai berikut :
a.                   Didalam data flow diagram tidak boleh menghubungkan antara external entity dengan external entity lainnya secara langsung.
b.                   Didalam data flow diagram tidak boleh menghubungkan data store yang satu dengan data store yang lainnya secara langsung.
c.                   Didalam data flow diagram tidak boleh atau tidak diperkenankan menghubungkan data store dengan external entity secara langsung.
d.                  Setiap proses harus ada data flow yang masuk dan ada juga data flow yang keluar.
4.              Tahapan Proses Pembuatan Diagram Alir Data
Menurut Kendall (2010 : 266) menyatakan bahwa langkah-langkah dalam membuat diagram alir data dapat dibagi menjadi 3 (tiga) tahapan yaitu sebagai berikut :

a.                   Diagram Konteks (context diagram)
Dibuat untuk menggambarkan sumber serta tujuan data yang akan diproses atau dengan kata lain diagram tersebut menggambarkan sistem secara umum dari keseluruhan sistem yang ada.
b.                  Diagram Nol (Zero Diagram)
Dibuat untuk menggambarkan tahapan proses yang ada dalam diagram konteks, yang penjabarannya lebih terperinci.
c.                   Diagram Detail (Detail Diagram)
Dibuat untuk menggambarkan arus data secara lebih mendetail dari tahapan proses yang didalam diagram nol.

2.2.2.      Kamus Data/ Data Dictionary (DD)
1.                  Pengertian Kamus Data
Kamus data disebut juga dengan istilah sistem data dictionary adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis.
Dengan kamus data sistem analisis dapat mendefinisikan data yang mengalir pada sistem dengan lengkap juga dapat menjelaskan lebih detail lagi tentang data flow diagram yang mencakup process, data flow dan data store.
Fungsi dari kamus data adalah sebagai suatu katalog yang menjelaskan lebih detail tentang DAD yang mencakup process, data flow dan data store. Selain itu juga untuk menghindari pengunaan kata-kata yang sama, karena kamus data disusun secara abjad.
Adapun kegunaan dari kamus data adalah :
a.                   Memvalidasi diagram alir data dalam hal kelengkapan dan keakuratan.
b.                  Menyediakan suatu titik awal untuk mengembangkan layar dan laporan-laporan.
c.                   Menentukan muatan data yang disimpan dalam file-file.
d.                  Mengembangkan logika untuk proses-proses DAD (Diagram Alir Data).
2.                  Parameter Kamus Data
Isi kamus data harus mencerminkan keterangan yang jelas tentang data yang dicatat. Maka data harus memuat hal-hal sebagai berikut :
a.                   Nama Arus Data
Karena kamus data dibuat berdasarkan arus data yang mengalir di data flow diagram, maka nama arus data juga harus dicatat di kamus data, sehingga mereka yang membaca data flow diagram dan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang suatu arus data tertentu di data flow diagram dapat langsung mencarinya dengan mudah di kamus data.
b.                  Alias
Alias atau nama lain dari data yang dituliskan karena data yang sama mempunyai nama yang berbeda untuk orang atau departemen yang satu dengan yang lainnya.
c.                   Tipe Data atau Bentuk Data
Data yang mengalir dari hasil suatu proses ke proses lainnya dalam bentuk dokumen dasar atau formulir, dokumen hasil cetakan computer, laporan terarah, tampilan layar di monitor, variabel, parameter dan field-field adalah bentuk data dari arus data yang mengalir yang perlu dicatat di kamus data.
d.                  Arus Data
Arus data menunjukan dari mana data mengalir dan kemana data akan menuju. Keterangan arus data ini perlu dicatat di kamus data supaya memudahkan mencari arus data di dalam data flow diagram.
e.                   Penjelasan
Untuk lebih memperjelas lagi tentang makna dari arus data yang dicatat di kamus data, maka bagian penjelasan dapat diisi dengan keterangan-keterangan tentang arus data tersebut.
f.                   Periode
Periode ini menunjukkan kapan terjadinya arus data ini. Periode ini perlu dicatat di kamus data karena dapat digunakan untuk mendefisinikan kapan input data harus dimasukkan ke dalam sistem, kapan proses program harus dilakukan dan kapan laporan-laporan harus dihasilkan.
g.                  Volume
Volume yang perlu dicatat di dalam kamus data adalah tentang volume rata-rata dan volume puncak dari arus data. Volume rata-rata menunjukan banyaknya arus data yang mengalir dalam satu periode tertentu, sedangkan volume puncak menunjukkan volume yang terbanyak.
h.                  Struktur Data
Struktur data menunjukan arus data yang dicatat pada kamus data yang terdiri dari item-item atau elemen-elemen data.
3.                  Notasi Kamus Data
Kamus data juga mempunyai suatu bentuk untuk mempersingkat arti dari simbol-simbol yang dijelaskan, yang disebut notasi. Notasi yang digunakan dibagi menjadi dua macam yaitu :
a.                    Notasi Tipe Data
Notasi ini digunakan untuk membuat spesifikasi format input maupun output, notasi yang umum digunakan antara lain:
Tabel II.1
Notasi Tipe Data dalam Kamus Data
NOTASI
KETERANGAN
X
Setiap Karakter
9
Angka Numeric
A
Karakter Alphabet
Z
Angka nol ditampilkan sebagai spasi kosong
.
Titik, sebagai pemisah ribuan
,
Koma, sebagai pemisah pecahan
-
Hypen, sebagai tanda penghubung
/
Slash, sebagai tanda pembagi
Sumber : Menurut Kendall & Kendall (2010 : 333)
b.                    Notasi Struktur Data
Struktur dari data terdiri dari elemen-elemen data yang disebut dengan item data, sehingga secara prinsip struktur dari data ini dapat digambarkan dengan menyebutkan nama dari item-item datanya. Juga masih diperlukan informasi lainnya misalnya informasi tentang apakah item data tersebut pasti ada atau hanya bersifat dapat ada dan dapat tidak ada. Untuk menunjukkan informasi-informasi tambahan ini di kamus data dipergunakan notasi-notasi sebagai berikut :
Tabel II.2
Notasi Struktur Data dalam Kamus Data
SIMBOL
ARTI
=
Terdiri dari
+
Dan
( )
Boleh ada boleh tidak
*
Keterangan, setelah tanda ini adalah komentar
{ }
Iterasi atau perulangan
[ ]
Pilih salah satu
|
Pemisah pilihan didalam tanda [ ]
@
Petunjuk (Key Field)
Sumber : Menurut Kendall & Kendall (2010 : 333) 

BAB III
ANALISA SISTEM BERJALAN

3.1.      Umum
Proses penjualan dalam suatu perdagangan secara garis besar ditentukan olehadanya permintaan dari pasar dan tersedianya barang yang siap dijual. Seiring dengan perkembangan zaman, proses penjualan ini semakin rumit dengan adanya peraturan-peraturan baru dalam perdagangan itu sendiri.
Pada PT. Gramedia Asri Media Botani Square Bogor, setiap penjualan yang terjadi diawasi oleh Store Manager yaitu pemimpin dalam setiap cabang dari PT. Gramedia Asri Media secara tidak langsung dengan melakukan pemeriksaan terhadap arsip-arsip yang berhubungan dengan penjualan. Arsip yang mendukung proses penjualan tidak sedikit jumlahnya, dan semua arsip-arsip tersebut sudah terkomputerisasi semua jadi Store Manager dapat lebih mudah memeriksanya. Untuk itulah pertama-tama kami akan membahas mengenai tinjauan perusahaan sejarah berdiri serta struktur organisasi perusahaan ini.

1.2.            Tinjauan Perusahaan
Dalam pelaksanaan kegiatan rutin di PT.Gramedia Asri Media terdapat aturanyang ditentukan, dalam hal ini struktur organisasi yang mengambarkan garis perintah dan penerimaan perintah serta fungsi-fungsi pelaksanaan tersebut, sehingga semua menjadi lancar. Penulis akan menerangkan sejarah dan struktur organisasi di tempat penulis mengadakan riset untuk pembuatan Kuliah Kerja Praktek (KKP) ini sebagai berikut:

3.2.1.   Sejarah Perusahaan
Toko Buku Gramedia Asri Media didirikan 02 Februari 1970 oleh P.K. Ojong, yang juga merupakan pendiri KKG (Kelompok Kompas Gramedia), dengan misi turut serta menyebarkan produk pendidikan dan informasi, demi tercapainya cita-cita bersama mencerdaskan kehidupan bangsa, menuju masyarakat baru Indonesia yang berkehidupan Pancasila.
Dari sebuah toko buku kecil berukuran 25 m2, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Toko Buku Gramedia sampai tahun 2016 telah tumbuh dan berkembang menjadi 120 toko, yang tersebar dibeberapa kota utama di Indonesia.
Sedangkan untuk Toko Buku Gramedia Botani Square Bogor, menjadi Toko Buku ke-75 yang diresmikan pada tanggal 14 Januari 2007 dan menjadi salah satu dari tiga Toko Buku Gramedia di Kota Bogor, setelah sebelumnya sudah terlebih dahulu didirikan Gramedia Pajajaran dan Gramedia Ekalokasari (sudah tutup) dan membuka cabang baru di sebuah mall besar di kawasan Cibinong.
Saat ini Gramedia Botani Square yang telah berusia 9 tahun dan tetap menjadi pilihan utama masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya, karena terbilang yang terbesar di Kota Bogor dengan dukungan kelengkapan produk yang lebih banyak serta dengan selalu meningkatkan pelayanan terbaik kepada konsumennya, menjadikan konsumen lebih memilih Gramedia Botani Square Bogor untuk mencari produk-produk yang dibutuhkan.
1.                  Ragam Produk dan Dukungan Pemasok
Semula, pada saat berdiri, Toko Buku Gramedia hanya menawarkan buku. Namun saat ini ragam produknya sudah semakin berkembang, antara lain : stationery, fancy, peralatan kantor, peralatan olahraga, dan produk berteknologi tinggi seperti CD-ROM, audio-video book, tabletdan berbagai produk lain.
Pemasaran produk tersebut, didukung ratusan penerbit dan pemasok dalam dan luar negeri, termasuk didalamnya beberapa penerbit intern KKG, seperti : Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, Gramedia Widya Sarana, Bhuana Ilmu Populer, dan Penerbit Gramedia Majalah. Sedangkan untuk pemasok Departement Import :
a.                   Amerika Serikat:Simon & Schuster, Prentice Hall, McGraw Hill, Maxwell Macmillan, Addison Wesley, John Wiley, Harper Collins, Bantam, Random House, Baker & Taylor dan lain-lain.
b.                  Eropa:Penguin, Cambridge, Oxford, Elsevier, Grossohaus, Hachette, Longman, MacMillan UK dan lain-lain.
c.                   Asia:Kondasha, Japan Publication, Toppan, Canfonian, Asiapac, UBSPD, S. Chand, S.S. Mubaruk, Pan Pacific, Mighty Mind, Federal Publication dan lain-lain.

3.2.2.   Struktur Organisasi dan Fungsinya
Struktur organisasi adalah susunan sub-sub sistem dengan hubungan wewenang dan tanggung jawab. Dalam organisasi terdapat struktur yang menerapkan bagaimana tugas akan dibagi.
Berikut ini merupakan struktur organisasi pada PT. Gramedia Asri Media Botani Square Bogor.
Gambar III.1. Struktur Organisasi TB Gramedia Botani Square Bogor

Sumber : Toko Buku Gramedia Botani Square Bogor (2015)
Fungsi dari tiap-tiap bagian adalah sebagai berikut :
1.                  Store Manager (Kepala Toko)
Sebagai pemimpin/ Manager Toko Buku Gramedia yang dikelola di Botani Square Bogor. Bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan didalam/ diluar area toko.
2.                  Administration Superintendent
Bertugas dalam mengawasi kinerja staff admin dan mengawasi pengeluaran maupun pemasukan perusahaan.

3.                  Sales Superintendent
Bertanggung jawab terhadap pengendalian produk buku dan non-buku, menganalisa situasi pasar, melakukan kaji ulang strategi pemasaran serta memantau seluruh kegiatan operasional toko agar dapat berjalan dengan lancar.
4.                  Merchandising Support
            Bertanggungjawab dalam pengadaan barang/inventori produk, baik dalam kualitas/mutu yang baik, jumlah yang akurat dan pada saat trend yang tepat serta mengawasi staf gudang untuk melaksanakan tugasnya.
5.                  EDP (Entry Data Process) Superintendent
Bertugas menyampaikan informasi dan laporan yang baik serta tepat waktu untuk kebutuhan internal maupun kebutuhan eksternal unit kerja yang bersifat rutin serta mengembangkan, memonitoring dan memastikan proyek-proyek IT strategis telah sejalan dengan organisasi bisnis.
6.                  Chief Cashier
a.                   Mengelola keuangan unit toko buku.
b.                  Reconcile till, close register, open store, open register, open till.
c.                   Menyiapkan dan menyerahkan modal cashier (float amount) kepada cashier.
d.                  Memasukkan nominal omzet yang akan disetorkan ke bank (bank deposit).
e.                   Mengatur pengelolaan kas kecil.
f.                   Melaporkan seluruh hasil omzet harian, mingguan dan bulanan ke reksa.
7.                  Store Administration Assistant
Menangani suatu kebutuhan atau aktifitas melainkan seluruh proses kegiatan pada aktifitas ruang lingkup dalam sebuah perusahaan serta mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan.
8.                  Warehouse Support
a.                   Mengontrol dan bertanggung jawab atas penyimpanan barang dari kehilangan, pencurian, kebakaran dan keusangan.
b.                  Bertanggung jawab atas pelaksanaan bongkar muat barang di gudang dan ikut menandatangani surat penerimaan barang dan surat jalan.
c.                   Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian di dalam area gudang barang.
d.                  Bertanggung jawab atas ketepatan laporan gudang.
9.                  EDP Support
Melakukan penginputan data inventory, return product dan pencetakan barcode.
10.              Store Associate
Bertanggung jawab dalam aktifitas penjualan.
11.              Cashier
Melayani transaksi dari customer.
12.              Customer Service Attendant
Melakukan pelayanan terhadap kebutuhan customer.
13.              Security Guard
Bertanggung jawab atas keamanan di lingkungan kerja.
14.              Cleaning Service
Bertanggung jawab atas kebersihan dan kenyamanan di lingkungan kerja.

3.3.            Prosedur Sistem Berjalan
Dasar sistem penjualan yang digunakan dalam transaksi di PT. Gramedia Asri Media Botani Square adalah menggunakan Windows Operating System, dimana didalamnya terdapat sebuah perangkat lunak Oracle yang bekerja untuk melakukan proses transaksi jual-beli sehari-hari menggunakan komputer kasir. Kemudian disertai juga dengan sistem jaringan LAN (Local Area Network) untuk melakukan pencatatan online transaction penjualan kedalam sebuah sistem dalam toko, untuk kemudian dikirimkan data penjualan setiap harinya ke server pusat.
            Sistem lainnya yang digunakan oleh perusahaan ini adalah berbasis web yaitu SOA (Store Operational Application), digunakan untuk merekam segala kegiatan transaksi penjualan di dalam kasir dan bisa juga digunakan sebagaidata transaksi penjualan untuk analisa penjualan. SOA dapat melakukan pencatatan penjualan secara otomatis setiap harinya, sistem kerjanya adalah ketika jam operasional bekerja berlangsung, SOA mencatat semua transaksi jual-beli yang dilakukan oleh semua kasir yang ada di dalam toko, untuk selanjutnya dicocokan dengan pendapatan kasir di hari tersebut, apakah sudah sama antara fisik uang dengan data yang ada di SOA, untuk selanjutnya dikirim ke bagian pusat.
Sesuai dengan ruang lingkup dalam penyusunan laporan mengenai riset ini, kami akan menguraikan secara umum prosedur sistem berjalan yang meliputi prosedur pemesanan buku, proses pembayaran proses pembuatan laporan.
1)      Proses penjualan produk diawali dengan customer memilih produk yang akan dibeli, untuk kemudian diserahkan ke kasir untuk melakukan proses transaksi secara tunai.
2)      Kasir kemudian melakukan Scan Barcode pada produk yang akan dibeli oleh customer, selanjutnya komputer akan menampilkan produk yang akan dibeli oleh customer.
3)      Kasir melakukan cash tender untuk proses pembayaran.
4)      Printer akan mengeluarkan bukti pembayaran berupa struk. (printer mencetak dua struk yaitu copy dan asli). struk copy akan dikumpulkan setelah proses transaksi jual-beli dihentikan pada setiap harinya, kemudian diserahkan ke chief cashier untuk dilakukan reconcile (mencocokan/ menyamakan apa yang tertera di sistem, dengan apa yang ada di struk copy).
5)      Kasir melakukan pencatatan manual pada sebuah form Bukti Setoran Kasir.
6)      Chief Cashier melakukan reconcile.
7)      Chief Cashier melakukan ekspor datadaily cash revenue(omzet masing-masing kasir) untuk di rekap (format pdf.) ke SOA (Store Operational Application).
8)      Kemudian melakukan penggabungan keseluruhan omzet semua kasir yang bertugas pada hari tersebut dan uang dihitung kembali, disamakan dengan total reconcile.
9)      Keesokan harinya Setelah itu uang disetor ke Bank melalui tim eksternal Advantage.
10)  Chief Cashier mencetak dan mengekspor Daily Report Revenue (omzet masing-masing kasir) untuk dikirim ke pusat, serta menyamakan omzet dengan total reconcile kemarin, kemudian melakukan open store, open register dan open till.
11)  Chief Cashier mencetak Float Amount (modal kasir), Other Income (pemasukan lainnya, bisa berupa donasi ataupun lainnya) Refund Post Void Transaction (pengembalian dana pasca batal transaksi), Bank Deposit Report (laporan deposit Bank), Graphic Hourly Report (Pencatatan transaksi/ data penjualandalam jam perhari) untuk data di toko dan di rekap setiap harinya.

3.4.      Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan
Dari hasil analisa yang dilakukan pada PT. Gramedia Asri Media, akhirnya penulis mengetahui bentuk sistem secara garis besar yang sedang berjalan didalam perusahaan tersebut. Bentuk secara garis besarnya dapat dilihat dalam diagram alir data berikut ini :
Keterangan      :
DRR                = Daily Report Revenue
DCR                = Daily Cash Revenue
SOA                = Store Operational Application


Gambar III.2. Diagram Konteks Sistem Berjalan





Gambar III.3. Diagram Nol Sistem Berjalan



Gambar III.4. Diagram Detail Sistem Berjalan

3.5.      Kamus Data Sistem Berjalan
Kamus data (data dictionary) adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Dengan menggunakan kamus data, analis sistem dapat mendefinisikan data yang berjalan mengalir di sistem dengan lengkap. Ada beberapa dokumen yang digunakan pada Sistem penjualan secara tunai PT. Gramedia Asri media, yakni dokumen masukan dan dokumen keluaran.

3.5.1.   Kamus Data Dokumen Masukan (Input)
1.         Nama arus data           : Barcode
Bentuk data                : Cetak Komputer
Arus data                    : Customer – Chasier Arsip SOA
Penjelasan                   : Untuk memasukan kode barang ke dalam sistem
Periode                        : Setiap terjadi transaksi jual-beli
Struktur data               = Header + Isi + Footer
Header                        = Judul Barang
Isi                                = Barcode
Footer                          = Tipe barang + Tanggal datang barang + Jumlah
barang datang + Kode pemasok + Kode barang + Harga barang.

3.5.2.   Kamus Data Dokumen Keluaran (Output)
1.                  Nama arus data           : Daily Cash Revenue
Bentuk data                : Cetak Komputer
Arus data                    : Customer – Chasier Chief - arsip SOA
Penjelasan                   : Informasi modal Chief Cashier dan jumlah uang tunai
pada business date yang diinginkan.
Periode                        : Cetak setiap hari
Struktur data               = Header + Isi
Header                        =  tanggal + page + user
Keterangan                  = user  *user terdiri dari 7 digit bertipe text* tanggal =
 tanggal + bulan + tahun
Isi                                = 1{keterangan + debit + kredit}5

2.                  Nama arus data           : Daily Report Revenue
Bentuk data                : Cetak Komputer
Arus data                    : Customer – Chasier Chief - arsip SOA
Penjelasan                   : Informasi semua jenis transaksi setiap Cashier
Periode                        : Cetak setiap hari
Struktur data               = Header + Isi
Header                        = Nama Toko + Tanggal Transaksi + Tanggal cetak +
  Halaman + NIK karyawan
Isi                                = register_no + Grand Total + Bank Transfer + Cash
Keterangan                  = register_no *terdiri dari 3 digit berupa text = No.
   Kode Mesin Register*

3.                  Nama arus data           : Other Income
Bentuk data                : Cetak Komputer
Arus Data                    : Customer – Chasier Chief - arsip SOA
Penjelasan                   : Informasi transaksi Pay In di POS register
Periode                        : Cetak setiap hari
Struktur data               = Header + Isi
Header                        = Nama Toko + Tanggal Transaksi + Tanggal cetak +
Halaman + NIK karyawan.
Isi                                = No + Pay In + Tanggal + Nama kasir + No. Register
   + No. Till + Amount + Subtotal + Other income.
Footer                          = Approved by + Created by
4.                  Nama arus data           : Float Amount
Bentuk data                : Cetak Komputer
Arus Data                    : Customer – Chasier Chief - arsip SOA
Penjelasan                   : Informasi modal yang diberikan kepada Cashier dan
pengembalian modal dari Cashier ke Chief Cashier.
Periode                        : Cetak setiap hari
Struktur data               = Header + Isi + Footer
Header                        = Nama Toko + Tanggal Transaksi + Tanggal cetak +
  Halaman + NIK karyawan.
Isi                                = Till Id + Open Till Date + Cashier Name + Float
   Amount + Float Return + Close Till Date + Sign Off
  + Outstanding Amount.
Footer                          = Approved by + Created by

5.                  Nama arus data           : Bank Deposit Report
Bentuk data                : Cetak Komputer
Arus Data                    : Customer – Chasier Chief - arsip SOA
Penjelasan                   : Informasi setoran uang ke bank setiap hari
Periode                        : Cetak setiap hari
Struktur data               = Header + Isi + Footer
Header                        = Nama Toko + Tanggal Transaksi + Tanggal cetak +
  Halaman + NIK karyawan.
Isi                                = No + Deposit Date + Tender Type + Amount +
  Description
Footer                          = Approved by + Created by

3.6.      Spesifikasi Sistem Berjalan
Yang dimaksud dengan spesifikasi sistem berjalan adalah perincian dari bentuk dokumen-dokumen yang digunakan dalam proses pemesananr. Bentuk dokumen itu sendiri digolongkan dalam dua bagian, yaitu dokumen masukan dan dokumen keluaran.

3.6.1.   Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan
Bentuk dokumen masukan adalah bentuk dari dokumen-dokumen yang masuk atau diterima untuk melakukan proses terjadinya sistem penjualan produk. Di bawah ini adalah uraian bentuk dokumen masukan yang ada dalam sistem penjualan secara tunai pada PT.Gramedia Asri Media.

1.                  Nama Dokumen          : Barcode
Fungsi                         : Sebagai awal proses memasukan kode barang ke dalam
sebuah sistem.
            Sumber                        : Customer
            Tujuan                         : Cashier
            Frekuensi                     : Setiap akan melakukan transaksi
            Media                          : Kertas
            Jumlah                         : Satu
            Bentuk Dokumen        : Lampiran A.10

3.6.2.   Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran
Dokumen keluaran adalah hasil atau keluaran dari proses sistem transaksi penjualan secara tunai. Adapun rancangan bentuk keluarannya adalah sebagai berikut:
1.                  Nama Dokumen          : Daily Cash Revenue
Fungsi                         : Sebagai bukti modal Chief Cashier dan jumlah uang
tunai pada business date.
Sumber                        :  Cashier
Tujuan                         : Chief Cashier
Frekuensi                     : Setiap akan melakukan record
Media                          : Kertas
Jumlah                         : Satu
Bentuk Dokumen        : Lampiran A.3

2.                  Nama Dokumen          : Daily Report Revenue
Fungsi                         : Sebagai Informasi untuk semua jenis transaksi setiap
Cashier
     Sumber                        : Cashier
     Tujuan                         : Sebagai arsip perusahaan
     Frekuensi                     : Setiap akan melakukan record
     Media                          : Kertas
Jumlah                         : Satu
     Bentuk Dokumen        : Lampiran A.4

3.                  Nama Dokumen          : Other Income
Fungsi                         : Sebagai bukti Informasi transaksi Pay In di POS register
     Sumber                        : Cashier
     Tujuan                         : Sebagai arsip perusahaan
     Frekuensi                     : Setiap akan melakukan record
     Media                          : Kertas
     Jumlah                         : Satu
     Bentuk Dokumen        : Lampiran A.5

4.                  Nama Dokumen          : Float Amount
Fungsi                         : Sebagai bukti informasi modal yang diberikan kepada
Cashier dan pengembalian modal dari Cashier ke Chief Cashier
     Sumber                        : Cashier
     Tujuan                         : Sebagai arsip perusahaan
     Frekuensi                     : Setiap akan melakukan record
     Media                          : Kertas
     Jumlah                         : Satu
     Bentuk Dokumen        : Lampiran A.6
5.                  Nama Dokumen          : Bank Deposit Report
Fungsi                         : Sebagai bukti Informasi setoran uang ke bank setiap hari
     Sumber                        : Cashier
     Tujuan                         : Sebagai arsip perusahaan
     Frekuensi                     : Setiap akan melakukan record
     Media                          : Kertas
     Jumlah                         : Satu
     Bentuk Dokumen        : Lampiran A.7

3.6.3.   Spesifikasi File
1.                  Nama File                    : File struk pembelian
Akronim                      : Struk pembelian
Organisasi File            : Index Sequential
Tipe File                      : File transaksi
Akses File                    : Random
Media Penyimpanan    : Harddisk
Kunci Field                 : trans
Panjang Record           : 63 karakter (byte)

Tabel III.1
File struk pembelian
No
Nama Elemen
Akronim
Type
Panjang
Keterangan
1
No. Transaction
trans
Varchar
12
Primary Key
2
Cashier Name
cshr_nm
Varchar
7

3
Date
date
Date


4
Time
time
Time


5
No. Till
no_till
Int


6
Product Name
prod_nm
Varchar
30

7
Supplier Code
sup_code
Varchar
5

8
Barcode
bar
Varchar
9

9
Price
price
Int


10
Quantity
qty
Int


11
Subtotal
subtotal
Int


12
Total
total
Int


13
Round
round
Int


14
Cash
cash
Int


15
Change Due
due
Int


16
BKP
bkp
Int

Barang Kena Pajak
17
DPP
dpp
Int

Dasar Pengenaan Pajak
18
Bebas PPN
b_ppn
Int

Pajak Pertambahan Nilai
19
Discount
disc
Int


20
PPN
ppn
Int

Pajak Pertambahan Nilai

2.                  Nama File                    : File  buku
Akronim                      : Buku
Organisasi File            : Index Sequential
Tipe File                      : File Transaksi
Akses File                    : Random
Media Penyimpanan    : Harddisk
Kunci Field                 : code
Panjang Record           : 44 karakter (byte)
Tabel III.2
File barcode
No
Nama Elemen
Akronim
Type
Panjang
Keterangan
1
Product Code
Code
Varchar
9
Primary Key
2
Product Name
Name
Varchar
20

3
Department Code
Dept
Varchar
4

4
Class Department
Class
Varchar
3

5
Product type
Type
Varchar
3

6
Print Date
Date
Date


7
Quantity
Qty
Int


8
Supplier Code
Supp
Varchar
5

9
Price
Price
Int



3.6.4.   Struktur Kode
1.                  No.Transaction
Format
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
Kode Toko
Till Id
No. Transaksi
Panjang            : 12 digit
            Type                : Text
            Contoh           
1
0
1
7
5
1
0
4
1
6
3
0
Keterangan      :
10175              = Kode Toko
104                         = Till Id
1630                                = No. Transaksi

2.                  Barcode Buku
Format
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
9
KKKode Supplier                                   Kode Produk
Panjang           : 15 digit
Type                : Text
Contoh                       
1
5
6
9
5
1
2
0
0
1
6
4
8
1
0


Keterangan      :
156951            = Kode Supplier
200164810      = Kode Produk

3.                  Barcode Counter
Format
9
9
9
9
9
X
X
9
9
9
9
9

                       Kode Counter             Nama Counter             Kode Produk 
Panjang           : 12  digit        
Type                : Text
Contoh
1
0
1
5
4
M
G
0
0
0
2
6
Keterangan      :
10154              = Kode Counter
MG                  = Nama Counter
00026              = Kode produk

3.6.5.   Spesifikasi Program
            Program dibutuhkan untuk memanipulasi data-data pada suatu file dan menghasilkan suatu informasi yang berguna. Suatu program didapatkan dari suatu paket program yang tersusun sedemikian rupa membentuk suatu program tertentu. Dalam sistem yang ada, penulis menguraikan secara garis besar program yang disajikan kedalam diagram HIPO (Hierarchy plus Input Process Output).

Gambar III.5

Diagram HIPO (Hierarchy plus Input Process Output)

1.                  Nama Program            : Program Login
Akronim                      : login.java
Fungsi                          : Untuk dapat mengakses masuk ke menu Home
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu login terdapat menu Input Username dan
Input Password, bila telah di input klik Submit.
2.                  Nama Program            : Program Menu Utama
Akronim                      : menu_utama.java
Fungsi                          : Untuk dapat menjalankan program menu utama
Paket Program             : Oracle
Bentuk Program          : Lihat Lampiran A.2.
Proses Program            : Pada menu utama terdapat 8 pilihan, lalu pilih salah
satu sub menu pada menu utama yaitu :
a.         Home
b.         Open Report Operational
1)        Float Cashier
2)        Daily Revenue by Cashier
3)        Daily Cash Revenue
4)        Other Income
5)        Bank Deposit
6)        Hourly Productivity
c.       Credit Card
d.      Revenue Sharing
e.       Petty Cash
f.       Redeem Point
g.      Application Management
h.      My Account
3.                  Nama Program            : Program Home
Akronim                      : home.java
Fungsi                          : Untuk melihat status register, till, lokasi till dan
melihat status till dalam keadaan suspend atau resume.
            Bentuk Program          : Lihat lampiran A.2.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu Home, pengguna dapat melihat status
program cashier yang aktif pada hari ini.
4.                  Nama Program            : Program Float Cashier
Akronim                      : float.java
Fungsi                          : Untuk informasi modal yang diberikan kepada
Cashier dan pengembalian modal dari Cashier ke Chief Cashier.
            Bentuk Program          : Lihat lampiran A.6.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu float cashier, chief cashier dapat melihat
uang modal dan pengembalian uang modal yang diberikan pada cashier setiap harinya.
5.                  Nama Program            : Program Daily Revenue by Cashier
Akronim                      : daily_revenue.java
Fungsi                          : Melihat informasi semua jenis transaksi tiap Cashier
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.4.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat informasi
semua jenis transaksi tiap Cashier.
6.                  Nama Program            : Program Daily Cash Revenue
Akronim                      : daily_cash.java
Fungsi                          : Melihat informasi modal Chief Cashier dan jumlah
uang tunai pada business date yang diinginkan.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.3.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat informasi
mengenai modal Chief Cashier dan jumlah uang tunai pada business date yang diinginkan.
7.                  Nama Program            : Program Other Income
Akronim                      : other_income.java
Fungsi                          : Melihat informasi transaksi Pay In di POS (Program Operational System) register.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.5.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat informasi
transaksi Pay In di POS (Program Operational System) register.
8.                  Nama Program            : Program Bank Deposit
Akronim                      : bank_deposit.java
Fungsi                          : Melihat informasi setoran uang ke bank setiap hari.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.7.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat informasi
setoran uang ke bank setiap hari.
9.                  Nama Program            : Program Hourly Productivity
Akronim                      : hourly.java
Fungsi                          : Melihat informasi rekap transaksi per jam.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.8.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat informasi
rekap transaksi per jam.
10.              Nama Program            : Program Credit Card
Akronim                      : credit_card.java
Fungsi                          : Melihat segala bentuk transaksi yang menggunakan
credit card.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.2.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat segala bentuk
informasi mengenai transaksi yang menggunakan credit card.
11.              Nama Program            : Program Revenue Sharing
Akronim                      : revenue_sharing.java
Fungsi                          : Melihat report atas pembayaran sewa ke mal
berdasarkan profit sharing.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.2.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat report atas
pembayaran sewa ke mal berdasarkan profit sharing serta mencetak report revenue sharing per periode.
12.              Nama Program            : Program Petty Cash
Akronim                      : petty.java
Fungsi                          : Digunakan untuk menginput total uang yang akan
dipinjam dari pusat.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.2.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat informasi
mengenai total uang yang akan di pinjam dari pusat serta melihat apakah peminjaman uang sudah ditransfer atau belum.
13.              Nama Program            : Program Redeem Point
Akronim                      : redeem_point.java
Fungsi                          : Digunakan untuk mencari nomor member Gramedia
Card kemudian melihat total point dan dilakukan redeem kemudian cetak voucher.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.2.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pengguna di menu ini dapat mencari nomor member
Gramedia Card kemudian melihat total point dan dilakukan redeem kemudian cetak voucher serta dapat mencetak ulang voucher ketika ada masalah dalam pencetakan .
14.              Nama Program            : Program Application Management
Akronim                      : app_management.java
Fungsi                          : Untuk melakukan penginputan mengenai program
program yang akan dilakukan store management untuk toko buku setiap bulannya.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.2.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat, menginput
dan mencetak  informasi mengenai program-program yang akan dilakukan store management untuk toko buku setiap bulannya.
15.              Nama Program            : Program My Account
Akronim                      : account.java
Fungsi                          : Melihat informasi mengenai account yang login.
Bentuk Program          : Lihat lampiran A.2.
Paket Program             : Oracle
Proses Program            : Pada menu ini pengguna dapat melihat informasi
mengenai account yang sedang login dan dapat mengganti password dan username di menu ini serta melakukan logout dari aplikasi SOA.

3.7.      Spesifikasi Sistem Komputer
Spesifikasi sistem komputer dibutuhkan untuk menunjang kinerja sistem berjalan yang diterapkan oleh PT. Gramedia Asri Media, agar sistem dapat bekerja secara optimal. Oleh karena itu dibutuhkan spesifikasi minimal dalam sistem komputer. Maka penulis akan menguraikan spesifikasi minimal perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan.

3.7.1.   Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak yang digunakan oleh PT. Gramedia Asri Media adalah sebagai berikut :
1.                  Windows 7
Operating System yang digunakan oleh seluruh komputer di Gramedia.
2.                  Oracle
Aplikasi yang digunakan untuk kasir di Gramedia.
3.                  SOA (Store Operational Application)
Aplikasi berbasis web  yang digunakan untuk merekam seluruh aktifitas transaksi jual beli di kasir Gramedia.
4.                  Microsoft Office
Digunakan untuk membuat laporan berupa pdf. file, untuk dikirim ke bagian  pusat.

3.7.2.   Perangkat Keras (Hardware)
     Perangkat keras yang digunakan dalam sistem PT. Gramedia Asri Media terbagi atas input dan output:
1.                  Input
a.                  Keyboard
Digunakan untuk mengetik secara manual apabila barcode pada barang rusak (untuk menginput nomor barcode) atau digunakan sebagaimana fungsi keyboard untuk membuat laporan.
b.                  Mouse
Digunakan untuk operasional kasir, seperti memilih perintah apabila terjadi diskon, pembatalan beli barang ataupun hal lainnya (untuk mensortir barang).
c.                  Scanner Barcode
Untuk melakukan scanbarcode barang, agar detail barang tampil di komputer kasir.
2.                  Output
a.                  Printer Cashier
Digunakan untuk mencetak struk asli transaksi penjualan barang, serta merekam struk copy untuk dikumpulkan sebagai data perusahaan.
b.                  Printer Cetak Document
Digunakan untuk mencetak laporan sebagai data perusahaan
c.                  Monitor
untuk menampilkan proses transaksi jual beli di kasir ataupun sebagaimana fungsi monitor biasanya.

3.8.      Permasalahan Pokok
            Sistem penjualan secara tunai yang telah ada di PT. Gramedia Asri Media umumnya telah berjalan dengan baik. Dalam proses pemesanan buku, pembayaran dan pembuatan laporan tetapi sering kali terjadi Offline sehingga menyebabkan gangguan dalam proses transaksi jual-beli di kasir.

3.9.      Alternatif Pemecahan Masalah
            Adapun cara yang dilakukan dalam pemecahan masalah tersebut adalah :
1.      Apabila terjadi Offline pada server kasir, maka langkah pertama yang dilakukan adalah menggunakan bon tunai untuk transaksi sementara agar tidak menyebabkan antrian panjang pada kasir. Bon tunaai terdiri dari 3 rangkap berwarna putih, hijau dan merah. Warna merah untuk arsip kasir, warna hijau untuk arsip counter dan warna merah untuk customer.
2.                  Segera melakukan perbaikan server melalui monitoring dari server pusat.
3.                  Mengaktifkan kembali server toko apabila sudah dilakukan perbaikan server.

BAB IV
PENUTUP
4.1.            Kesimpulan
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan di PT. Gramedia Asri Media mengenai sistem penjualan secara tunai pada, akhirnya kami dapat mengambil kesimpulan dari seluruh pokok bahasan pada masing – masing bab dalam penyusunan laporan riset ini, adalah  :
1.         Sistem yang digunakan sudah sangat efektif dan terkomputerisasi.
2.         Proses yang dilakukan otomatis masuk dalam sistem server pusat.
3.         Keamanan data sangat terjamin karena hanya yang mempunyai user dan bagian bersangkutan yang bisa membuka sistem tersebut.
4.         Untuk laporan sudah sangat efisien dan hanya memerlukan ketelitian dari pengguna sistem saja untuk menyesuaikan hasil penjualan dengan apa yang tercatat dalam sistem.

4.2.      Saran
            Pada dasarnya sistem penjualan pada PT. Gramedia Asri Media seluruh pengolahannya sudah berjalan sangat baik, namun masih ada kekurangan dan kelemahanya. Maka saran yang dapat kami simpulkan kepada PT. Gramedia Asri Media antara lain :
1.     Dalam penyampaian laporan terkadang terganggu oleh sinyal yang kurang baik, dikarenakan posisi Toko Buku Gramedia Botani Square ada lantai LG (Lower Ground) maka diharapkan bisa menambahkan penguat sinyal didalam toko, agar proses penyampaian laporan setiap harinya tidak terganggu.
2.                  Perangkat keras yaitu printer kasir yang digunakan di toko buku ini sudah terlalu tua umurnya dan masih menggunakan printer pita, meskipun perawatan hardware dilakukan setiap bulannya, namun alangkah baiknya dapat menggunakan printer yang lebih sedikit modern, dikarenakan proses cetak struk yang lambat, dapat menggangu proses transaksi pembayaran di kasir yang dapat menyebabkan antrian pada customer.
 
Panduan pembuatan mengenai laporan riset ini diharapkan dapat membantu dosen penasehat akademik dan mahasiswa dalam proses penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP). Hal-hal yang belum diatur dalam panduan ini akan diatur dalam petunjuk pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan kegiatan konseling yang dilaksanakan dikelas oleh masing-masing dosen penasehat akademik.
Selain itu dengan adanya panduan ini diharapkan seluruh dosen penasehat akademik dan mahasiswa memiliki persepsi yang sama dalam menyusun Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP).
  
DAFTAR PUSTAKA


Darmawan, D. 2013. Sistem Informasi Manajemen, Bandung : Remaja Rosdakarya

Jogiyanto,2006. Analisa dan Desain Sistem Informasi Tersruktur. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kenneth E. Kendall, Jullie E. Kendall, 2010, Analisis dan Perancangan Sistem,
Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Ladjamudin, Al Bahra Bin. 2008. Konsep Sistem Informasi, Jakarta : STMIK Muhammadiyah.

Romney, Marshall B. 2006. Sistem Informasi Managemant. Edisi ke-9. Buku 1. Jakarta : Salemba Empat

Tata Sutabri, 2012.Analisis Iistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Whitten, Jeffery L. 2006. Metode Desain dan Analisis Sistem. Edisi Ke-6. Yogyakarta : Andi

Winarno, Wahyu Wing. 2006. Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke-6. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar